Selasa, 19 Maret 2019

Tugas EPTIK I


SOAL : 3 contoh perubahan proses bisnis/sosial akibat teknologi yang “melunturkan” nilai etika tradisional.

Jawaban :

1)   Game Online

a.   Teknologi yang digunakan
Smartphone

b.   Model kerja
Permainan game berbagai variasi pilihan seperti game action, RPG, dll. Dan yang paling sering dimainkan adalah game bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Game sudah menjadi konsumsi setiap hari anak-anak belakangan ini.

c.   Nilai tradisional yang hilang
Hilangnya permainan-permainan tradisional seperti petak umpet, gundu/kelereng, lompat tali, gobak sodor, dan masih banyak lagi. berkurangnya tingkat kretivitas pada anak-anak, malas belajar, ketergantungan, lupa waktu, bolos sekolah, hilangnya sopan santun, taruhan, bahkan hingga mencuri. Contoh diatas hanya sebagian dari teknologi yang merubah nilai etika tradisonal.

2)   Proses Jual Beli

a.   Teknologi yang digunakan
Smartphone, Ipad, Komputer

b.    Model kerja
Di era digital saat ini, jual-beli dapat dilakukan dimana pun oleh seseorang dengan menggunakan gadgetnya. Sehingga tidak menggangu aktifitas mereka. Dengan modal gadget dan koneksi internet, masyarakat dapat melakukan transaksi sesuai keinginan mereka tanpa harus pergi ke pusat perbelanjaan. Proses pembayaran dapat dilakukan menggunakan jasa paypal atau melalui transfer bank. Melalui HP, seorang penjual dapat memesan barang ke distributor. Begitu pula seorang pembeli dapat langsung memesan barang ke si penjual, tanpa bertatap muka secara langsung.

c.    Nilai tradisional yang hilang
-   Tidak adanya tawar menawar secara face to face dalam proses jual-beli, meski proses itu tetap ada, namun tanpa bertatap muka.

-  Hilangnya rasa saling mengenal (bagaimana wajahnya, bagaimana sikapnya saat bertemu orang, tidak bisa kita ketahui bila tidak bertemu) dan silaturahim antara pembeli dan penjual, dan ini merenggangkan hubungan.

3)   Media Sosial dan Situs Jejaring Sosial.

a.         Teknologi yang digunakan
Yaitu Mobile Phone (smartphone) sebagai media penghubung ke internet. Facebook, Instagram, dll. Sebagai media sosial sekaligus sumber informasi yang digunakan.

b.         Model kerja
Masyarakat saat ini ,  lebih cenderung mengutamakan berkomunikasi dengan menggunakan media. Manfaat yang didapatkan dari media sosial seperti kemudahan bagi pengguna dalam berkomunikasi  serta cepat mendapatkan  informasi ( up todate ).

c.         Nilai tradisional yang hilang
Masyarakat (kalangan muda) jadi lebih sering sibuk dengan  smartphone mereka, sehingga menyebabkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar menjadi kurang karena sudah merasa cukup mendapatkan informasi melalui media sosial.

SOAL : Pelanggaran terhadap etika akan mendapatkan sanksi sosial dan sanksi hukum.

Contoh : Di sebuah kampus. Jika ada seorang mahasiswa menggunakan narkoba.

Sanki Hukum =
Mahasiswa yang melakukan pelanggaran tersebut, akan dikenai sanksi berupa skorsing oleh rector sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dan dikenai sanksi hukum Berdasarkan ketentuan Pasal 153 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (“UU 35/2009”)

Sanksi sosial =
Mahasiswa tersebut akan dijauhi oleh teman-temannya karena takut terkena dampak negatif dari narkoba itu sendiri

 2. Pelanggaran etika memperoleh sanki sosial, namun tidak memperoleh sanksi hukum.

Contoh : Jika seseorang merasa dirinya mampu dan tidak membutuhkan orang lain.

Sanki sosial, namun tidak memperoleh sanksi hukum
Misalnya, jika ada suatu siswa di kelas yang memiliki sifat tersebut maka, dirinya akan dijauhi dan tidak diakui oleh teman2 sekelasnya.

About Author

Tugas
Tugas

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet nostrum imperdiet appellantur appellantur usu, mnesarchum referrentur.

0 komentar:

Posting Komentar

Distributed By Protemplateslab